Widgetized Footer

Saturday 16 March 2013

Akaname, Hantu Penjilat Kotoran Dari Jepang

Akaname



Name: Akaname
Type: Yokai

Nature: Dirty Place

Akaname adalah sejenis hantu (yokai) yang muncul dalam cerita rakyat Jepang. Mereka digambarkan sebagai hantu yang memiliki lidah panjang dan suka menjilati kotoran. Biasanya mereka muncul di kamar mandi yang kotor.




Origins

Akaname adalah sejenis yokai atau iblis. Nama Akaname sendiri terdiri dari dua penggalan:aka dan name. Dalam bahasa Indonesia, kata Akaname bisa berarti "penjilat kotoran", namun bisa juga diartikan sebagai "si merah penjilat". Hal tersebut rancu karena kata akasendiri memiliki 2 arti, yaitu "merah" atau "kotoran". Mungkin karena itulah mengapa Akaname seringkali digambarkan memiliki kulit berwarna merah. Akaname pertama kali populer pada zaman Edo lewat karya seni dan literatur.




Appearance

Akaname digambarkan memiliki wujud mengerikan. Pada umumnya berwujud seperti katak dan memiliki lidah panjang yang terjulur. Kakinya hanya memiliki sepotong jari dengan cakar yang tajam. Mereka terkadang digambarkan memiliki kulit kusam berwarna merah atau hijau.




Habbits

Akaname memiliki kebiasaan yang bisa kita sebut "unik". Mereka akan muncul di rumah-rumah yang memiliki kamar mandi kotor dan tidak terawat. Biasanya mereka muncul pada malam hari ketika pemilik rumah sedang tidur, dan mereka akan menjilati kotoran di kamar mandi tersebut hingga bersih. 

Tidak ada catatan bahwa Akaname pernah menyerang manusia. Namun ada beberapa sumber yang menyebutkan bahwa Akaname juga suka menjilati kotoran dari orang yang sedang tidur. Terlebih lagi bagi orang yang jarang mandi. Beberapa orang menganggap bahwa Akaname adalah sejenis kami atau dewa, karena mereka sendiri tidak berbahaya bagi manusia.

Legenda menyebutkan bahwa kemungkinan Akaname muncul karena saat zaman Edo, kamar mandi sangat sulit untuk dibersihkan. Mereka datang dan membersihkan kamar mandi sebagai "contoh" agar para manusia lebih menjaga kebersihan rumah mereka. Dari cerita-cerita rakyat, kita dapat menangkap pesan moral bahwa jika kita tidak rajin membersihkan diri dan lingkungan, maka kita akan berubah menjadi Akaname.




Modern Era

Di zaman modern seperti ini, kita hanya dapat melihat Akaname dalam karya seni seperti lukisan, gambar atau anime. Akaname juga terkadang muncul dalam buku anak-anak yang membawa pesan agar kita para manusia selalu menjaga kebersihan di semua tempat.

0 komentar:

Post a Comment