Widgetized Footer

Monday 4 March 2013

Kura-Kura, Bulus, dan Penyu, Serupa Tapi Tak Sama


Terrapins (Kura-Kura air tawar)
Terapin adalah kura-kura yang hidup di perairan tawar seperti sungai, danau, hutan dan sawah. Mereka mudah dikenali dari selaput renang diantara jari-jarinya dan cangkang yang relatif  pipih. Ada banyak spesies terappin di dunia, beberapa dapat kita temui dengan mudah seperti kura-kura brazil (Trachemys scripta elegans), beberapa lainya sangat langka, seperti kura-kura rote (Chelodina mccordi) yang hanya ada di pulau Rote Nusa Tenggara Timur.
Chelodina mccordi
Soft shelled turtle (Bulus & Labi-labi)
Bulus & labi-labi adalah  kura-kura akuatik yang menghabiskan sebagian besar waktu hidupnya di dasar danau atau sungai berlumpur.  Mereka mudah dikenali dari cangkangnya yang lunak. Bulus (Amyda cartilaginea) adalah hewan yang sering dikonsumsi oleh manusia. Beberapa labi-labi dapat tumbuh sampai lebih dari 1 meter contohnya adalah labi-labi bintang (Chitra chitra) yang hanya hidup di Papua.


Chitra chitra
Tortoise (Baning, Kura-kura darat)
Baning adalah kura-kura yang hidup di darat (terestrial), mereka dapat hidup jauh dari air bahkan di gurun pasir.  Mereka mudah dikenali dari tungkainya yang kekar berbentuk seperti kaki gajah dan cangkang yang sangat cembung. beberapa spesies baning dapat tumbuh sangat besar dan berusia sampai ratusan tahun, contoh spesies baning yang paling terkenal adalah kura-kura galapagos (Geochelone nigra).

Geochelone nigra
Sea Turtle (Penyu)
Penyu adalah “kura-kura” yang hidup di laut, mereka mudah dikenali dari tungkainya yang berbentuk seperti dayung dan cangkang relatif pipih. Penyu dewasa hidup di lautan selamanya, hanya penyu betina saja yang sesekali kembali ke pantai untuk bertelur. Ada tujuh spesies penyu di dunia, semuanya termasuk hewan langka yang dilindungi. penyu terbesar di dunia adalah penyu belimbing (Dermochelys coriacea).
Dermochelys coriacea

0 komentar:

Post a Comment